WIB
Follow Us: Facebook twitter

Incumbent Tidak Lolos Di Nilai Tidak Merakyat

kerinciilok.com - Sabtu, 26 April 2014

Bukhari Mualim
Kerinciilok.com-Kerinci - Munculnya wajah-wajah baru yang lolos sebagai caleg terpilih pada Pemilu tahun 2014, merupakan fenomena tersendiri bagi perpolitikan provinsi Jambi, karena kebalikan itu semua pada tahun 2014 seakan menjadi catatan buram bagi sebagian caleg incumbent, karena banyaknya  caleg incumbent di provinsi jambi yang tidak lolos, baik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun tingkat Pusat. 
Dari pantauan Mediakerincinews.com, berdasarkan data rekapitulasi perolehan suara masing-masing caleg yang dilakukan oleh KPUD tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi Jambi, para caleg yang tidak lolos sebagian merupakan calon yang selama ini dianggap memiliki basis massa yang jelas, dan yang lebih mencengangkan sebagian caleg yang tidak lolos adalah para petinggi partai masing-masing.

Pengamat politik Bukhari Muallim mengatakan, bahwa salah satu alasan kuat banyaknya caleg incumbent yang tidak lolos, lebih kepada penilaian negatif masyarakat, dimana sebagian caleg incumbent selama menjadi anggota legislatif dianggap oleh masyarakat tidak merakyat dan tidak aspiratf.
"Ya, sebenarnya banyak alasan kenapa sebagian caleg incumbent itu gagal, tetapi saya melihat ini lebih didasari oleh adanya kekecawaan masyarakat selama mereka menjadi anggota legislatif dulu, dan saya pikir hal ini juga yang menyebabkan adanya kecenderungan masyarakat mencari figur baru." ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ia juga tidak menampik adanya dugaan money politic yang dilakukan oleh oknum caleg, sehingga menyebabkan perolehan suara yang tidak merata pada masing-masing caleg dan juga menjadi penyebab tidak lolosnya caleg incumbent.  Tetapi ia menilai, money politik hanya berpengaruh pada tipologi masyarakat tertentu dan tidak semua lapisan masyarakat terpengaruh oleh hal demikian, apalagi untuk lapisan masyarakat yang terlanjur kecewa dengan caleg incumbent, money politic tidak begitu mempengaruhi katanya. (noha)

Berikan Komentar

Copyright © 2013 All rights reserved - Designed by Kadral hadi Kembali Ke Atas