WIB
Follow Us: Facebook twitter

IMPPS-SUMBAR Menjemput Sejarah Yang Tertinggal

kerinciilok.com - Sabtu, 01 Februari 2014

Kerinciilok.com, Ini adalah tulisan saya yang kedua dan merupakan sambungan tulisan pertama yang dimuat di Mediakerincinews.com pada tanggal 01 Februari 2014, dengan judul SEJARAH SINGKAT IMPPS-SUMBAR. Rentang tulisan pertama dengan kedua ini begitu singkat, karena saya ingin sejarah IMPPS-SUMBAR menjadi satu kesatuan yang utuh untuk kita ingat. Disamping itu tulisan ini sekaligus untuk menjawab koreksi dan kritikan dari para alumni IMPPS-SUMBAR.
John Hermi - Alumni
IMPPS-Sumbar Tahun 2000
Kerinciilok.com, Ini adalah tulisan saya yang kedua dan merupakan sambungan tulisan pertama yang dimuat di Mediakerincinews.com pada tanggal 01 Februari 2014, dengan judul SEJARAH SINGKAT IMPPS-SUMBAR. Rentang tulisan pertama dengan kedua ini begitu singkat, karena saya ingin sejarah IMPPS-SUMBAR menjadi satu kesatuan yang utuh untuk kita ingat. Disamping itu tulisan ini sekaligus untuk menjawab koreksi dan kritikan dari para alumni IMPPS-SUMBAR.

Dalam tulisan saya yang terdahulu, dijelaskan dengan ringkas tentang perjalanan IMPPS-SUMBAR mulai dari berdiri, perubahan nama, dan sebagian kecil dari perjuangan panjang, lika-liku para punggawa IMPPS-SUMBAR dalam membangun dan mempertahankan, hingga IMPPS-SUMBAR dapat bertahan sampai saat ini. 

Dalam sebuah kisah perjalanan sejarah yang sangat panjang, terkadang patahan-patahan sejarah terlupakan karena kaburnya informasi tentang sesuatu yang tidak patut kita lupakan. Tapi perjalanan sejarah itu sendiri akan menjadi benar kalau kita selalu saling mengingatkan untuk dikenang sepanjang hayat. Seorang sahabat pernah  berkata "Koreksi dan Kritikan akan Meluruskan Sejarah" (Bukhari Muallim)

Setelah tulisan pertama saya diposting oleh Mediakerincinews.com, banyak kritikan dan masukan yang disampaikan oleh para senior maupun rekan seangkatan. Saya melihat bahwa ini adalah momentum yang sangat tepat buat kita semua, terutama para alumni IMPPS-SUMBAR, untuk kita bersama-sama mengingat sejarah, agar menjadi motivasi dan inspirasi bagi para junior, dan untuk kita bersama-sama merenung bahwa sejarah telah menempatkan kita dalam persaudaraan.

Dari banyak koreksi dan kritikan, sesuatu yang kabur akan menjadi terang. Koreksi dari senior saya Dafrisman yang sekaligus merupakan pelaku sejarah sebagai Ketua Pertama IMPPS-PADANG, telah memberikan informasi yang sangat berharga untuk lurusnya sejarah IMPPS-SUMBAR. Dalam tulisan pertama saya dijelaskan bahwa IMPPS-SUMBAR didirikan pada tahun 1990, dan itu menjadi sebuah keyakinan karena sepanjang diskusi saya dengan beberapa orang senior, diskusi terhenti sampai angka tahun 1990. Tapi fakta sejarah terungkap bahwa IMPPS-SUMBAR (pertama bernama IMPPS-PADANG) didirikan pada tahun 1989 yang bertempat di jln. Rajawali Induk No. 85/Wisma Kanti Perumnas Air Tawar, dengan Ketua Dafrisman dan Sekretaris Mulhadi.

Ini adalah informasi yang melegakan, karena kepastian berdirinya IMPPS-SUMBAR sempat kabur dalam beberapa tahun terakhir. Dengan adanya koreksi ini, semoga  IMPPS-SUMBAR dapat selalu menjemput sejarah-sejarah yang tertinggal, menjadi organisasi pemersatu, dan tidak melupakan sejarah. Semoga ini menjadi pembelajaran kita semua, bahwa sejarah adalah fakta, bukan merupakan penggalan-penggalan cerita. Bung Karno pernah berkata "Jangan Sekali-kali Kita Melupakan Sejarah".( mediakerincinews)



Berikan Komentar

Copyright © 2013 All rights reserved - Designed by Kadral hadi Kembali Ke Atas